Senin, 28 Desember 2009

Dari Menulis Anda Akan Bisa Membaca

Dari sekian kawan yang terlalu banyak ide di dalam otaknya, hanya sedikit dari mereka yang berani mengeluarkan idenya. Dengan berbagai alasan yang macam-macam dan bermacam, dengan ketidak-beraniannya yang menjadi-jadi.
Mereka berkata dan berteori dengan menggatalkan telinga. Dengan kelemahan yang sangat menyakitkan dan membuat sakit makin lemah, seolah kita adalah mahluk terbodoh yang mudah dibodohi karenanya.
Sungguh teman, mulailah dengan apa yang anda bisa tulis, malahan mulailah dengan apa yang anda tak bisa tulis, tulislah ketidak-bisaan itu. Sejadi-jadinya...
tak perlu banyak berfikir dulu, tulis aja... enjoy aja. Seperti layaknya kita bernafas: "tak pernah lelah walau sesaat". Mulai dari kita lahir (bayi) sampai ingin melahirkan, toh tak ada masalah untuk menghirup. Malah justru kalau kita pikir terlalu, tersengallah nafas itu.
Mulai dari apa yang tak bisa kita tulis, maka kita akan mampu membaca ketidakbisaan kita dan dari mana kita mesti harus berbenah dan berbenah. Kita akan mampu membaca situasi diri sendiri dan mampu membaca situasi kalangan luar diri yang terdekat dari diri.
Dari mulai aku harus begini,..... aku harus begitu,.... dan aku harus begini,.... dan seterusnya,.... dan seterusnya.
Karena kesalahan dalam merangkai kata akan menambah banyak kosakata kita dalam mengolah kata itu sendiri.

Nah,... disinilah keunikan si penulis yang tak mampu untuk menulis. Si pemula yang tak mampu untuk memulai. dan si penakut yang tertakuti dengan ketakutannya dan ide-idenya sendiri.
Mereka serasa ingin mengeluarkan sesuatu yang ada dalam idenya dan otak yang teracuni dengan ide itu tapi ketakutan yang berkesangantan telah meraja-lela dalam diri, pikir dan hati. Mereka mulai di gandrungi perasaan malu, entah itu malu karena nantinya tulisannya akan diketahui orang lain, atau dibaca orang lain dan lain sebagainya.
Dan perlu diketahui ini adalah normal dalam memulai.
Kelucuan dalam merangkai kata,monoton, kecemplangan dalam kalimat dan juga kekakuan dalam setiap bait atau paragraf.
Pokoknya macem-macem dech.....sekali lagi, itu adalah hal yang normal terjadi.
Toh mereka hanya mampu tertawa dan menghina (tak lebih).
dan ini tak merugikan kita. Tapi sungguh alangkah bagusnya apabila ada hinaan yang bersifat membangun untuk dengan seksama kita dengar dan kita colong manfaat dari padanya. Karena banyak sekali orang yang menghina dan mencemooh tapi justru dari hinaan dan cemoohan itu membuat kita mampu untuk menemukan dan menentukan sesuatu yang kita butuhkan, walau hati serasa berkobar.
Karena ada sesuatu yang jelek tapi itu adalah baik bagi kita, dan ada sesuatu yang kelihatannya baik tapi itu jelek untuk kita.
maka dari itu mulailah dari yang tak bisa dan tak mampu kita mulai. Ungkapkan semua kelucuan apapun itu. Jangan ragu dan atau mulai dari yang ragu itu.

TAK ADA AWAL JIKA TAK DI MULAI
benar-benar kesalahan itu adalah sebuah kebenaran. bukan sebuah kesalahan yang hakiki dan tak pernah terkendali. Karena tak ada salah bagi orang yang baru dan akan mulai. Sebab yang ada dalam hukum alam adalah "adanya akhir pasti ada awal dan adanya awal pasti ada akhir".
jangan gusarkan kritikkan dan jangan hiraukan hinaan. Tulis terus, cari terus, pinta pendapat terus dan dengar terus walau ketertawaan menyapa dengan pedasnya.

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Ralepi.Com - Harley-Davidson Motorcycle